Sabtu, 08 Desember 2012

SKEMA INTERNET


Berikut Ini Penjelasan yang Berkaitan dengan Internet :
Jaringan Internet
Berikut ini beberapa pengertian tentang Internet :
internet adalah jaringan yang terhubung dalam internet protocol (IP) secara luas mencapai seluruh dunia.
internet (inter-network) adalah sejumlah jaringan fisik yang saling terhubung dengan protocol yang sama (apa saja) untuk membentuk jaringan logic, selanjutnya disebut sebagai inter-network.
Internet adalah komunitas jaringan komputer yang memberikan pelayanan http (world wide web). Dibedakan dengan intranet sebagai pelayanan http untuk kalangan terbatas. Pada mulanya pembatasan pada jaring fisik, yaitu LAN, kemudian berkembang termasuk pembatasan secara logis.
Extranet adalah jaringan TCP/IP untuk kalangan terbatas melalui Internet umum. Tunneling, secure layer.
LAN
LAN (Local Area Network) merupakan jaringan komputer lokal yang menghubungkan beberapa user dalam satu lokasi yang berdekatan. Mengingat lokasi jangkauannya, pemakaian LAN umumnya tidak menggunakan jaringan telephon terkecuali jika jaringan LAN diperluas menjadi WAN (Wide Area Network) yang dapat menjangkau lokasi yang lebih luas. Basis teknologi yang umum digunakan adalah format XENIX dan NetWare, Software yang paling umum digunakan adalah NOVEL NETWARE ataupun dengan menggunakan Windows.
HotSpot Area
HotSpot merupakan suatu sistem jaringan tanpa kabel atau dengan mengunakan Radio wave atau wireless.


Adapun komponen-komponen yang dibutuhkan :

1. PC (Personal Computer), Laptop, MobilePhone
       secara fungsi PC,Laptop,dan Handphone sama yaitu untuk alat pengoperasian yang dibutuhkan untuk surfing di dunia maya.

PC


Laptop
   

MobilePhone

















2. Modem (Modulator Demodulator).
     Jadi modem merupakan alat yang memungkinkan komputer untuk berkomunikasi dengan komputer lain melalui jaringan kabel telepon. Modem berasal dari singkatan MOdulasi DEModulasi. Modulasi merupakan proses pengubahan sinyal informasi (berupa sinyal digital) menjadi sinyal pembawa (carrier, berupa sinyal analog) yang akan dikirim melalui kabel telepon. Sedangkan demodulasi adalah pemisahan sinyal informasi yang berisi data dari sinyal pembawa yang melalui kabel telepon. Dengan cara ini, informasi dapat diterima dan diproses oleh komputer. Setiap modem memiliki kemampuan mengirim dan menerima sinyal analog, sehingga termasuk alat komunikasi dua arah.


  





3. Repeater.
     -Untuk mengover daerah-daerah yang lemah sinyal dari Server (pemancar)
       -Untuk memperjauh sinyal dari Server (pemancar)
         -Untuk mempermudah akses sinyal Wifi dari Server














4. Router
   Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN). Sebagai ilustrasi perbedaan fungsi dari router dan switch merupakan suatu jalanan, dan router merupakan penghubung antar jalan. Masing-masing rumah berada pada jalan yang memiliki alamat dalam suatu urutan tertentu. Dengan cara yang sama, switch menghubungkan berbagai macam alat, dimana masing-masing alat memiliki alamat IP sendiri pada sebuah LAN















Berikut penjelasan dari saya mengenai internet. Terima Kasih.

Sumber Referensi :
https://www.google.co.id/ (google search)
https://www.google.co.id/imghp?hl=id&tab=wi (google search image)
id.wikipedia.org/wiki/Internet
 dan blog-blog lain. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar